Waspada! Ini 5 Gejala Masalah Serius Pada Transmisi Mobil Anda

gejala masalah serius pada transmisi mobil

Transmisi mobil merupakan komponen yang menyalurkan tenaga dari mesin menuju ke roda mobil, sehingga mobil dapat melaju sesuai dengan kehendak pengemudi. Jelas hal ini menunjukkan betapa besar peran transmisi mobil dalam berkendara.

Seperti yang kita ketahui, ada dua jenis transmisi mobil. Ada yang manual dan juga otomatis. Untuk mobil dengan transmisi manual, pengendara menggunakan kopling untuk mengatur transmisi secara manual.

Apapun tipe transmisinya, keduanya rentan mengalami permasalahan apabila tidak dirawat dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk selalu waspada terhadap gejala-gejala permasalahan yang ada pada transmisi mobil Anda.

Berikut adalah 5 gejala masalah serius pada transmisi mobil:

1. Mesin Tidak Responsif

Saat pedal gas diinjak, kendaraan maju namun lebih lambat daripada biasanya. Kemungkinan hal ini terjadi karena drive plat kopling mobil sudah menipis. Untuk transmisi otomatis, ada juga kemungkinan bahwa kinerja body valve perlahan melemah.

2. Suara Mendengung/Berisik

Munculnya suara yang tidak biasa, misalkan saat gear dalam posisi netral atau saat pergantian gear. Suaranya bisa seperti ketukan atau dengungan. Suara tersebut bisa berasal dari komponen di bagian transmisi yang saling berbenturan karena mekanisme pergerakannya sudah tidak lagi maksimal dan terhambat.

3. Kesulitan dalam Berpindah Gear

Kondisi yang satu ini lebih terasa pada mobil dengan transmisi mobil manual. Kemungkinan besar tali koplingnya tidak terhubung dengan baik atau terdapat komponen yang sudah aus. Sehingga transisi yang biasanya mulus akan terasa sedikit terhambat.

4. Bau Terbakar

Jika saat berkendara tercium bau oli terbakar di bagian kabin depan, kemungkinan besar hal ini terjadi karena transmisi mengalami overheat. Bau terbakar muncul sebagai pertanda transisi panas berlebihan karena berkurangnya pelumas transmisi. Penyebabnya bisa karena terjadi kebocoran atau kondisi pelumas sudah tidak prima.

5. Gear Slip

Pada transmisi manual, gear tidak akan berpindah sebelum pengemudi menginjak kopling dan memindahkannya. Sama halnya dengan transmisi otomatis, gear akan tetap pada posisi yang sudah ditentukan pengemudi atau sistem komputer yang memindahkan pada kecepatan tertentu. Apabila gear transmisi berpindah dengan sendirinya, maka ini yang dinamakan gear slip atau gir yang terselip. Hal ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan mobil hilang kendali.

Perhatikan juga saat indikator Check Engine menyala di dashboard mobil. Lampu indikator check engine memang dapat menyala karena berbagai alasan. Namun jika pengemudi sudah merasakan kejanggalan pada transmisi saat berkendara ditambah dengan menyalanya lampu indikator tersebut, sebaiknya jangan diabaikan dan segera diperiksakan.

Itulah tanda-tanda pada transmisi mobil Anda yang patut diwaspadai.

Untuk pengendara mobil MPV, mobil sedan, mobil city car, atau pun jenis mobil Suzuki lainnya, jika Anda mengalami salah satu dari 5 gejala di atas, segera kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat. Teknisi ahli kami akan membantu menemukan solusi untuk semua permasalahan mesin dan komponen mobil Anda.