Inilah Cara Menghemat Uang untuk Mahasiswa di Akhir Bulan

cara menghemat uang untuk mahasiswa
saving money, by Freepik.com

Bagaimana sih cara menghemat uang untuk mahasiswa di akhir bulan? Sebagai mahasiswa, kiriman bulananmu memang nggak selalu datang tepat waktu atau bahkan sebelum bulan berakhir, kamu sudah menghabiskan jatah kebutuhanmu.

Ampaskopi.com punya beberapa tips untuk menyelamatkan hari-harimu dalam gundahan akhir bulanmu. Tips ini juga berlaku buat kamu yang bekerja yang acapkali menghabiskan jatah di awal.

5 Cara Menghemat Uang Untuk Mahasiswa

Biasanya, menjadi mahasiswa punya uang jajan beragam. Namun, umumnya dapat jatah bulanan dari orang tua seadanya. Padahal, gaya hidup perkotaan menggoda selalu.

Apakah godaan kebiasaan hangout yang mendorong kamu mencicipi hidangan mahal, minuman highclass, atau sekedar mendambakan aneka makanan atau fashion yang lagi hits. Mau tidak mau, jiwa muda memang selalu penasaran dan haus mengikuti perkembangan gaya hidup urban.

Namun, sebaiknya kamu juga perlu “iba” terhadap isi dompetmu, ya. Jangan sampai kehabisan uang sebelum berakhirnya bulan. Jadi, coba yuk cara menghemat uang untuk mahasiswa ini.

1. Menjadi Agen Telur Bisa Menyelamatkan Akhir Bulanmu

Untuk menyelamatkan harimu, kamu bisa mulai menyetok telur di awal bulan ketika “supply” datang. Dengan begini, jika kamu sudah menghabiskan jatah bulananmu, paling tidak kamu tidak akan mati karena kelaparan.

Biasanya harga telur tidak begitu mahal di kantong pelajar seperti kamu. Satu kilo gram sudah bisa mendapatkan sekitar 12 butir telur lebih. Memasaknya juga bisa bermacam-macam sesuai selera. Asalkan kamu punya alat masak sendiri dan bisa meraciknya supaya selera makan selalu enak.

2. Savings At First

Cara menghemat uang untuk mahasiswa kedua adalah saving atau menabung. Untuk menghindari habisnya jatah bulanan, kamu bisa memulai menyishkan sebagian uangmu diawal. Untuk kamu yang gak bisa nahan untuk menghabiskan uangmu yang ada di dompet, kamu bisa mengakali dengan membuka rekening baru, dan kartunya bisa kamu titipkan ke orang yang kamu percayakan.

Bisa juga dengan membuat celengan bulanan. Harga celengan plastik ukuran kecil bisa kamu dapat dengan hanya 2000 hingga 5000 rupiah saja, kok. Jika 20 hari bisa menaruh 10.000 rupiah per hari, maka sisa akhir bulanmu bisa punya 200.000 rupiah untuk akhir bulan. Syukur-syukur masih ada sisa di dompet supaya itu bisa menjadi simpanan jangka panjang.

3. Membawa Air Minum Sendiri

Kamu tidak akan sadari berapa banyak uang yang kamu habiskan untuk minuman yang kamu beli ketika beraktifitas. Mulailah untuk membawa air minum sehingga kamu bisa mencoret budget untuk membeli minuman di luar.

Tidak perlu membeli botol minuman yang mahal, kok. Sekarang sudah banyak botol plastik atau tumbler di bawah harga 20.000 rupiah. Kamu bisa menghemat pembelian air mineral yang bisa saja mennghabiskan banyak uang jika kita akumulasikan.

4. Biasakan Menghitung Pengeluaran

Selain minuman, mulailah berhitung tentang seberapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk makan, snack, bensin, dan lain-lain setiap bulannya. Cara ini bisa mengetahui mana kebiasaan konsumtif yang perlu kamu eliminasi dan mana yang memang merupakan kebutuhan penting.

Misalnya ternyata kamu punya kebiasaan beli snack harga di atas 10.000 setiap hari, mudah tergoda jajajan pinggir jalan, membeli tas baru terlalu sering, dan sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat setelah ini. Ini merupakan cara menghemat uang untuk mahasiswa di akhir bulan supaya tidak kecolongan. 😀

5. Kurangi Makan Malam

Nah tips yang terakhir ini penting banget. Selain menjalankan program dietmu, kamu juga bisa menghemat dengan mengurangi makan malam. Sehingga kamu bisa mengalokasikan pengeluaran makan malammu ke aktifitas di akhir bulan.

Makan malam umumnya kamu lakukan karena begadang ngerjain tugas atau berkumpul di cafe bareng teman-teman mahasiswa. Kebiasaan ini bisa kamu ganti dengan memperbanyak minum air putih.

Bukan hanya mengurangi lapar, tapi juga bisa menjaga kesehatanmu. Menurut sumber kesehatan, tubuh kita tidak bisa membedakan sinyal lapar atau haus. Kekurangan minum bisa saja terasa lapar. Padahal, setelah minum air putih, kita merasa kenyang. Jadi, cukup makan di sore hari maksimal pukul 18.00, lebih sehat dan hemat untukmu.

Itulah cara menghemat uang untuk mahasiswa hingga akhir bulan. Kamu bisa terapkan ini supaya terhidar dari menghutang juga. Bahkan, bisa jadi kebiasan baik sampai kamu sudah lulus dan bekerja nanti. Selamat mencoba.