Cocok untuk Lahan Sempit, Konsep Rumah Mezzanine yang Minimalis dan Fungsional

Ingin memiliki hunian namun lahan terbatas kini bukan halangan lagi. Karena masalah tersebut dapat diatasi dengan mengadaptasi konsep Mezzanine.

Mezzanine adalah konsep yang fokus memaksimalkan setiap ruangan agar lebih fungsional. Konsep ini memanfaatkan ruang vertikal di rumah dengan menciptakan level tambahan di antara lantai utama dan plafon.

Dengan cara ini, ruang yang awalnya terbatas dapat diubah menjadi lebih luas dan fungsional.

Keuntungan Memiliki Rumah Mezzanine

Mezzanine, berasal dari bahasa Italia yang berarti “bagian tengah”, merupakan sebuah lantai tambahan yang terletak di antara dua lantai utama dalam sebuah bangunan. Lantai ini umumnya terbuka dan tidak menutupi seluruh luas lantai di bawahnya.

Konsep mezzanine telah ada sejak abad pertengahan di Eropa, dan sering digunakan di rumah, apartemen, dan gedung komersial untuk menambah ruang tanpa perlu memperluas bangunan secara fisik.

Sekarang, model hunian seperti ini sudah menjadi andalan kaum urban. Terutama bagi yang memiliki lahan dan ruang terbatas.

Hunian dengan konsep Mezzanine, sumber dari shutterstock
Hunian dengan konsep Mezzanine, sumber dari shutterstock

Konsep rumah Mezzanine banyak dipilih karena memiliki kelebihan, diantaranya:

Memberikan Ruang Tambahan

Mezzanine memberikan ruang tambahan tanpa perlu memperluas bangunan secara horizontal. Anda bisa menambahkan kamar tidur, ruang kerja, atau bahkan ruang bermain.

Desain Unik dan Menarik

Rumah gaya ini memiliki desain yang unik dan menarik, memberikan kesan modern dan inovatif pada hunian. Kesannya akan terasa kekinian dan lebih spesial.

Hemat Budget

Dengan memanfaatkan ruang yang ada secara vertikal, Anda bisa menghemat biaya pembangunan dibandingkan harus menambah luas lahan.

Ditambah lagi, konsep rumah minimalis modern seperti ini memang sudah mengutamakan fungsi ketimbang ornamen yang dekoratif atau luas ruang.

Baja Ringan, Rekomendasi Material Terbaik untuk Konsep Rumah Mezzanine

Perlu Anda ingat, membuat rumah atau melakukan renovasi seperti ini, dalam konsep Mezzanine penting untuk mempertimbangkan kekuatan material yang baik.

Material yang digunakan harus kuat dan tahan lama, mengingat mezzanine akan menahan beban tambahan di dalam rumah.

Perhatikan juga ketinggian ruangan dan konsultasikan dengan arsitek untuk memastikan struktur bangunan kuat. Desain pencahayaan yang baik dan keamanan dengan pagar pembatas yang kokoh juga penting untuk diperhatikan.

Baja ringan adalah material  yang paling direkomendasikan untuk rumah mezzanine, khususnya baja ringan BlueScope Zacs® yang sudah teruji dan diproduksi menggunakan teknologi standard Australia, dan sudah terbukti 100 tahun lebih memberikan jaminan kualitas.

Berikut keunggulan penggunaan baja ringan untuk konsep rumah mezzanine, diantaranya:

Bobot yang Ringan

Dengan bobotnya yang jauh lebih ringan dibandingkan beton, menjadi pilihan tepat untuk meminimalisir beban pada struktur bangunan.

Kemudahan pengangkutan dan pemasangan tanpa alat berat pun menjadi bonus, menghemat waktu dan biaya konstruksi.

Kuat dan Tahan Lama

Meskipun ringan, baja ringan memiliki kekuatan yang tak tertandingi. Kemampuannya untuk menahan beban dengan kokoh menjadikannya material yang aman dan tahan lama untuk konstruksi mezzanine.

Anda tidak perlu khawatir akan keretakan atau kerusakan struktur yang sering terjadi pada material lain. Material ini tahan korosi dan tahan karat.

Mudah Diinstal

Proses instalasi baja ringan terkenal cepat dan mudah. Dibandingkan dengan material lain yang membutuhkan waktu pengerjaan lama dan rumit, baja ringan menawarkan solusi praktis dan hemat waktu.

Fleksibel

Sifatnya yang mudah dibentuk dan memudahkan untuk berkreasi dengan berbagai desain mezzanine yang menarik dan fungsional. Bangunan tak hanya indah, tetapi juga sesuai dengan kebutuhan dan konsep yang diinginkan.

Baja Ringan Lapisan BlueScope Zacs, sumber dari www.bluescopezacs.id
Baja Ringan Lapisan BlueScope Zacs, sumber dari www.bluescopezacs.id

Pastikan untuk menggunakan Atap lapisan BlueScope Zacs® agar tampilan Rumah Mezzanine semakin elegan.

Anda bisa memilih Atap lapisan BlueScope Zacs® Natural yang memiliki pilihan warna cantik seperti merah gaharu, coklat amara, hijau rasamala, dan hitam rokan. Selain itu, BlueScope juga bisa membuat hunianmu lebih sejuk dan nyaman.

Dengan konsep rumah mezzanine dan penggunaan material yang tepat seperti baja ringan lapisan BlueScope Zacs®, hunian minimalis dan fungsional bukan lagi impian. Bahkan dengan lahan terbatas, Anda bisa memiliki rumah yang nyaman, stylish, dan efisien.

Jika masih ragu menentukan model atap kekinian, bisa tanya ahli terkait berbagai konsep yang tepat. Misalnya apakah ingin membangun hunian dengan atap miring atau datar. Begitu juga dengan berbagai kebutuhan lain seperti pemilihan bahan, konstruksi, dan sebagainya.

8 pemikiran pada “Cocok untuk Lahan Sempit, Konsep Rumah Mezzanine yang Minimalis dan Fungsional”

  1. Wah ini cocok dengan rumah saya yang mulai banyak penghuni. Ada 2 anak mulai besar, pasti oke banget pake model Mezzanine. Terutama buat tempat tidur dan ruang belajar.

  2. Kalau membaca artikel tentang rumah apalagi rumah mezanine yang memaksimalkan fungsi ruangan agar nampak luas memang paling terpercaya menggunakan bluescope untuk materialnya

  3. Meskipun nanti punya lahan cukup tapi kami memang pengen punya rumah yang minimalis aja seperti konsep Mezzanine ini. Area atas bisa digunakan untuk ruang baca

  4. Memang bener menambah mezzanine, bisa menambah ruangan, tanpa harus merubah struktur. Asalkan waktu membangun, sudah disiapkan tinggi rumah yang sesuai sih. Jadi tinggal nambah di bawah atap…
    Keren hasilnya. Rumah tetap lega, karena atapnya tinggi…

  5. Mezzaine ini cocok banget ya untuk menambah ruangan untuk konsep minimalis, bisa nih jadi salah satu referensi nanti ketika ingin membuat rumah

  6. Menarik. Saya bahkan baru tau ada rumah jenis Mezzaine. Memang coock untuk yang punya lahan tidak begitu luas

Tinggalkan komentar