3 Tips Memilih Jenis Investasi Obligasi Sesuai Karakter Anda

tips memilih jenis investasi obligasi
Source via Pixels.com

Investasi obligasi saat ini menjadi pilihan banyak orang karena keunggulannya. Ada banyak jenis investasi yang beredar di masyarakat, wajar jika pemula masih banyak yang kebingungan memilih jenis investasi yang sesuai. Investor dapat memilih investasi yang cocok dengan karakter sehingga dapat memperhitungkan risiko serta keuntungannya dengan tepat.

Jenis obligasi sendiri bermacam-macam. Sebelumnya, Anda perlu tahu cara investasi obligasi yang benar agar mendapatkan keuntungan maksimal. dalam memilih jenis yang tepat, bisa disesuaikan karakter investor karena berkaitan dengan kesiapan menerima dan mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi.

Tips untuk Memilih Investasi Obligasi Sesuai Karakter

tips memilih jenis investasi obligasi sesuai karakter
Source via Pixeles.com

Karakter seseorang sangat menentukan sikap mental ketika menghadapi sesuatu. Investasi merupakan kegiatan dengan potensi resiko dan yang tidak terpisahkan. Semakin tinggi kemungkinan mendapatkan keuntungan, maka kerugian juga bisa tinggi. Berbeda jenis investasi obligasi, risikonya berbeda.

1. Jenis obligasi berdasar penerbit dan tingkat risikonya

Berdasarkan penerbit atau emiten, obligasi terbagi menjadi 3. Masing-masing emiten mempunyai potensi keuntungan dan risiko yang berbeda. hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan calon investor untuk memilih obligasi yang sesuai.

  • Pemerintah: jenis ini paling aman karena dijamin oleh pemerintah. Pada saat jatuh tempo investor akan menerima dana investasi 100%, namun biasanya bunga dan kupon lebih rendah.
  • Korporasi: jenis ini mempunyai risiko paling besar karena perusahaan yang mengeluarkan dapat mengalami pailit sehingga tidak bisa mengembalikan dana investor. Dari sisi potensi keuntungan, terutama bunga dan kupon besar.
  • Ritel: jenis ini mempunyai risiko tengah. Investasi obligasi ritel berasal dari pemerintah yang dipasarkan melalui mitra distribusi. Meski pemerintah menjamin pengembalian dana, namun jima mitra distribusi wanprestasi dapat menimbulkan kerugian bagi investor.

2. Tips memilih jenis obligasi sesuai karakter

Karakter dari investor sangat berpengaruh pada jenis investasi yang paling sesuai. Bagi yang mempunyai karakter berani mengambil risiko, bisa mengambil fitur yang memberi potensi keuntungan tinggi.

Baik pemula maupun investor berpengalaman, perlu memperhatikan karakternya sebelum memutuskan berinvestasi. Cara investasi obligasi paling tepat adalah dengan memperhatikan karakter investor tersebut, yang terbagi tiga, yaitu:

a. Konservatif

Karakter ini dimiliki oleh orang yang biasa hidup secara teratur, terjamin dan jauh dari risiko. Semua hal dalam kehidupannya sudah terprediksi dan terencana. Biasanya orang yang belum berpengalaman atau masa menjelang pensiun mempunyai karakter seperti ini. Tujuannya adalah menghindari risiko yang mungkin terjadi.

Prinsip mereka, lebih baik untuk sedikit daripada nantinya menderita kerugian yang justru membuat dana miliknya hilang. Orang yang mempunyai karakter konservatif paling sesuai memilih obligasi dengan emiten pemerintah karena paling aman.

b. Moderat

Orang dengan karakter ini lebih berani mengambil risiko untuk mendapatkan keuntungan lebih besar. Keuntungan yang dimaksud belum tentu berupa finansial, tetapi bisa juga fasilitas atau kemudahan dalam bertransaksi. Pemikik karakter moderat akan mempertimbangan beberapa hal menguntungkan sebelum memutuskan untuk membeli produk investasi.

Meski demikian, juga mempertimbang secara masak risiko yang mungkin terjadi. Dalam pengambilan keputusan, orang dengan karakter moderat kurang berani berspekulasi. Mereka berani mengambil risiko namun lebih memilih jenis investasi yang memberikan keuntungan secara stabil.

Tipe moderat biasanya lebih realistis namun hati-hati. Dalam teknisnya lebih memilih jenis investasi dengan tingkat keuntungan dan risiko menengah. Keinginan mendapatkan keuntungan tinggi diimbangi dengan pemikiran akan kemungkinan mengalami kerugian. Jenis obligasi yang sesuai adalah ritel.

Ritel memberikan keuntungan tetap namun mempunyai risiko yang lebih besar dibandingkan emiten pemerintah. Kelebihannya adalah tersedia obligasi dengan nominal kecil, yaitu mulai dari Rp 1 juta dan jangka pendek, yaitu 1 tahun.

c.  Agresif

Orang yang mempunyai karakter agresif berani dalam mengambil risiko. Tipe ini akan mengejar potensi keuntungan yang besar meski kemungkinan rugi sebanding. Bahkan tidak segan untuk mengorbankan sebagian modal untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Biasanya orang yang mempunyai tipe agresif dalam berinvestasi sudah mapan secara finansial, bahkan mempunyai cadangan dana untuk antisipasi jika harus mengalami kerugian. Tipe ini juga seringkali dimiliki orang yang berjiwa muda dan suka tantangan.

Jenis obligasi yang paling sesuai untuk orang berkarakter agresif adalah dari emiten korporat karena mempunyai potensi keuntungan besar dan risikonya juga tinggi. Obligasi dari emiten korporat tidak ada penjamin. Jika perusahaan rugi, kemungkinan akan mengalami gagal bayar sehingga dana investasi bisa hilang.

Dari jumlah suku bunga dan kupon, korporate berani memberikan nominal besar karena perusahaan yang menggunakan dana tersebut bisa mendapat laba tinggi. Untuk mengatasi ketidakpastian dalam usaha dan perolehan laba, ada yang memberlakukan kupon floating, yaitu dengan angka batas bawah.

Aplikasi digibank by DBS, Aplikasi Tepat untuk Beli Obligasi

Investasi merupakan cara tepat untuk menjaga dan mengembangkan aset. Namun tidak boleh gegabah dalam memilih instrumen dan tempat membeli. Sebaiknya pahami karakter investor sebelum memutuskan jenis investasi pilihan.

Untuk memudahkan investor dalam melakukan transaksi investasi obligasi, digibank by DBS hadir dengan beragam kemudahan. Platform satu ini bisa diakses secara online dan menyediakan beragam fitur untuk kebutuhan investasi jenis obligasi. digibank by DBS memberikan berbagai keuntungan bagi investor, antara lain:

1. Pembelian mulai dari Rp1 juta

Aplikasi digibank by DBS menyediakan berbagai jenis obligasi mulai nominal terendah, yaitu Rp1 juta untuk Obligasi rupiah dan $1000 untuk Obligasi dolar. Dengan nominal terjangkau, dipastikan siapa saja bisa berinvestasi. Pilihan jangkanya juga bermacam-macam, tercepat selama 1 tahun.

2. Pilihan Produk Obligasi  Beragam

Dengan adanya pilihan lebih dari 70 produk obligasi di pasar sekunder, investor bebas memilih sesuai kebutuhan. Kini Anda bebas menentukan obligasi yang paling dinikmati tanpa ragu. Pilihan yang lengkap menjadikan investor dapat menyesuaikan dengan ketersediaan dana dan jangka waktu yang diinginkan.

3. Semua transaksi dapat dilakukan dalam satu Aplikasi

Untuk melakukan transaksi, investor harus terdaftar dan mempunyai SID. Untuk proses mendaftar Anda tidak perlu bingung karena bisa langsung dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS.

Selain itu, melalui Aplikasi digibank by DBS, Anda juga bisa melakukan pembelian, pengecekan bunga, penjualan dan pengalihan. Semua dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi tanpa harus keluar rumah.

Investasi obligasi merupakan pilihan tepat bagi semua orang. Investor dapat menyesuaikan dengan karakternya dalam berinvestasi untuk mendapatkan produk terbaik. Risiko dalam berinvestasi obligasi termasuk rendah dengan potensi keuntungan tetap dan kompetitif. Yuk, segera berinvestasi Obligasi di aplikasi digibank by DBS dan rasakan kemudahan transaksi dalam satu aplikasi saja.