Inilah 8 Cara Memilih AC yang Bagus dan Hemat Listrik

cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik
Sumber: Polytron.co.id

Cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik ini bisa membantu Anda yang sedang berencana membelinya dalam waktu dekat. Siapapun pasti ingin memiliki hunian yang sejuk dan bebas gerah. Namun, untuk untuk mendapatkan itu, Anda perlu selektif supaya tidak salah pilih.

Teknologi mesin pendingin ruangan atau Air Contidioner (AC) semakin berkembang. Sudah banyak beredar di pasaran dengan berbagai desain, fitur, ukuran, dan sebagainya. Begitu juga modelnya yang beragam seperti jenis portable, AC split, standing, cassette, dan central.

8 Cara Memilih AC yang Bagus dan Hemat Listrik

Banyaknya pilihan pendingin udara bisa jadi membuat Anda bingung dalam menentukan yang mana. Namun, membeli yang peling berkualitas dan hemat listrik biasanya merupakan faktor yang paling dicari.

Biasanya saat membeli barang elektronik kita dapat bertanya kepada customer service atau penjual. Namun supaya lebih mantap dan lebih praktis, alanagkah baiknya jika sudah punya gambaran sendiri. Supaya bisa menentukan mana yang bagus untuk Anda beli, Anda bisa mengikuti cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik berikut ini:

1. Tentukan Ukuran PK

Daya pendingin udara ditentukan oleh Paad Kracht (PK). Artinya adalah besaran tenaga yang dibutuhkan untuk mendinginkan sebuah ruangan. Sedangkan arti kata Paad Kracht sendiri adalah nilai tenaga kuda.

PK menjadi acuan utama Anda saat akan membeli AC. Mengapa demikian? Salah menentukan ukuran PK bisa mengakibatkan temperatur udara tetap tidak dingin meskipun sudah disetting di suhu paling rendah. Bahkan bisa membuat daya listrik boros jika mengambil AC dengan ukuran PK yang salah. Misalnya untuk ruangan kecil malah membeli yang ukurang besar.

Menentukan besaran PK yang tepat dapat menyesuaikan kebutuhan daya dengan luas ruangan. Adapun panduan umum untuk menentukan ukurannya adalah 0.5 PK untuk ruangan 10 m2, 0.75 PK untuk ruangan 14 m2, 1.0 Pk untuk 18 m2, 1.5 PK untuk 24 m2, dan 2.0 PK untuk 36 m.

Jika ruangan Anda berukuran 6 x 3 meter, maka pendingin ruangan yang tepat adalah berukuran 1.0 PK.

2. Tentukan Tipe AC

Cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik selanjutnya adalah dengan melihat tipenya. Ada beragam tipe pendingin udara. Di antaranya AC Standar, AC Loww Watt, dan AC Inverter.

AC Standar adalah tipe yang paling rendah. Fitur dasar dengan beban daya konvensional. Tipe ini biasanya mengkonsumi listrik cukup besar. Jadi, kurang disarankan.

Kedua, AC Low Watt punya spesifikasi haraware yang sama dengan tipe AC standar, namun sudah menggunakan kompresor yang hemat energi. Proses pendinginannya juga berlangsung lebih lama.

Ketiga, AC Inverter adalah tipe yang paling mutakhir saat ini. Tipe ini punya kemampuan unggul dengan konsumsi daya rendah. Oleh sebab itu, tipe ini mampu menekan energi listrik hingga 70 persen.

Jika ingin hemat listrik, maka Anda perlu memilih tipe AC inverter atau low watt. Meskipun harganya lebih mahal tapi jika penggunaan listriknya rendah, maka tertap terhitung lebih hemat.

3. Memilih Merk AC yang Populer

Setiap merek AC memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-maing. Namun, supaya lebih aman, Anda bisa membeli dari brand yang sudah populer karena umumnya sudah terpercaya. Kecuali jika memperoleh review yang negatif, tentunya Anda bisa memilih berdasarkan testimoni pelanggan. Pilih yang memiliki testimoni positif.

4. Perhatikan Garansi Produk

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan garansi AC. Semakin lama semakin baik karena bisa melindungi Anda dari kerugian jika produk ternyata bermasalah.

Sekalipun Anda membelinya dari merek ternama dan terpercaya, tapi kerusakan satu atau beberapa komponen bisa saja terjadi. Entah akibat human eror saat proses distribusi atau kesahalan yang terjadi saat produksi.

6. Pertimbangkan Layanan Service Center

Salah satu cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mengenai layanan service center. Jangan sampai membeli AC yang susah memperoleh akses perbaikan dengan layanan resminya. Ini juga bisa membantu Anda dalam melakukan klaim garansi jika kemungkinan kerusakan terjadi.

7. Sesuaikan dengan Budget

Memperhatikan budget adalah penting dalam menyesuaikan tipe AC dan merek yang akan Anda pilih. Anda bisa membeli pendingin udara disesuaikan dengan dana yang tersedia.

Namun, sebagai rekomendasi, sebaiknya Anda memilih tipe AC low watt atau inverter ketimbang membeli tipe standar. Alasannya karena keduanya memiliki daya lebih kecil dan hemat listrik. Sedangkan fiturnya lebih canggih.

Lebih baik Anda menunggu lagi untuk mengumpulkan dana ketimbang memilih yang murah tapi justru listrik boros.

8. Perhatikan Fitur AC

Hal yang juga perlu Anda perhatikan adalah mengenai fiturnya. Fitur ini berkaitan dengan fungsi pendingin udara saat dipakai ke depannya.

Di antara fitur yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli misalnya menggunakan compressor low watt, punya lapisan anti karat, memiliki sistem pelindung sirkuit, punya filter menjernihkan udara, ada teknologi inverter, punya mode beragam seperti cool, dry, dehumidifikasi, eco, sleep, dan lain-lain. Bahkan, lebih canggih lagi jika bisa melakukan singkronisasi dengan smartphone.

AC Smart Neuva Pro Series, Rekomendasi AC Terbaik, Canggih, dan Hemat Listrik

cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik salah satunya membeli AC Smart Neuva Pro Series dari Polytron

Rekomendasi pendingin udara yang cocok sesuai apa yang Anda cari adalah Smart AC dari Polytron. Produk ini sudah mewakili semua kriteria AC di atas, bahkan terbilang canggih tapi hemat listrik. Berikut kelebihan yang dimiliki oleh AC Smart Neuva Pro Series dari Polytron:

1. Terintegrasi dengan Smat Home

AC Smart Neuva Pro Series dilengkapi dengan IOT System yang dapat dikendalikan melalui aplikasi Smart Home. Anda dapat mengontrolnya kapan saja dan dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone.

2. Lebih Cepat Dingin

Pendingin udara Plytron ini dilengkapi dengan desain High Efficiency Cooling Engine sehingga 40% lebih cepat dingin dan punya pilihan ukuran 0,5 PK dan 1 PK.

Cocok untuk Anda yang mencari AC capat dingin sesuai ukuran ruangan kecil. Bahkan ada jaminan cepat dingin dengan garansi uang kembali.

3. Hemat Listrik dan Anti Sekering Turun

Seperti di atas disebutkan bahwa cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik adalah dengan dukungan fitur yang lengkap. Salah satunya punya sirkuit pengendali arus listrik.

AC Smart Neuva Pro Series dilengkapi Teknologi Soft Start 450VA sehingga tidak membutuhkan daya yang besar dan anti sekering turun saat dinyalakan, khusus untuk tipe PAC05VZS AC ½ PK karena biasanya AC ini dimiliki oleh sebuah rumah dengan daya listrik terbatas.

Bahkan lewat fitur yang terkoneksi dengan aplikasi Smart Home, bisa mengukur KwH dan berapa rupiah daya yang digunakan. Menarik, kan?

4. Udara Bersih, Segar, dan Sehat

AC Smart Neuva Pro Series ini dilengkapi kombinasi High Density Dust Filter, sehingga dapat menyaring debu sampai 90%. Punya Carbon Filter yang berfungsi menghilangkan bau tak sedap, dan HEPA Filter yang dapat mencegah penyebaran bakteri.

Teknologinya mempercepat proses pencairan lebih efisien, bebas bakteri dan jamur, dan tidak mengeluarkan bau tak sedap.

5. Tidur Bisa Lebih Nyenyak dan Tanpa Terganggu

AC Smart Neuva Pro Series juga dilengkapi pipa udara yang didesain khusus, menggunakan teknologi tinggi sehingga menurunkan tingkat kebisingan pada level yang paling rendah.

Anda lebih nyaman saat tidur dan tidak terganggu suara bising selagi dalam ruangan.

6. Lebih Awet dan Tahan Lama

AC ini juga punya lapisan Hydrophilic Aluminium (Gold Fin) pada kondensor dan evaporatornya sehingga meningkatkan durabilitas terhadap korosi. Oleh sebab itu, dapat membuatnya lebih tahan lama.

7. Garansi Service AC 10 Tahun

Jika membeli AC dari Polytron ini, maka ada Garansi Service AC 10 Tahun untuk Kompresor dan 3 Tahun untuk Spare Part. Termasuk remote AC. Ini pasti akan membuat Anda lebih nyaman dan aman dari berbagai kemungkinan kerusakan produk.

keunggulan AC Smart Neuva Pro Series dari Polytron

Dengan sejumlah kelebihan dan dukungan fitur tersebut, AC Smart Neuva Pro Series ini sangat cocok menjadi incaran Anda dan memasangnya di rumah atau kantor. Teknologinya yang sudah mutakhir dapat memanjakan keseharian Anda bersama keluarga.

Demikian cara memilih AC yang bagus dan hemat listrik yang dapat membantu Anda meminang produk yang tepat. Pastikan memilih yang berkualitas dan hemat daya sehingga tidak boros di pemakaian dan perbaikan. Lebih baik membeli yang sedikit lebih mahal tapi bagus supaya nyaman digunakan, minim potensi kerusakan, dan tentunya hemat pemakaian listrik.

Yuk segera miliki AC Smart Neuva Pro melalui website resmi polytron.co.id atau melalui official store Polytron di e-commerce kesayangan anda.