Ubah Umbi Porang Jadi Pundi Uang, Tren Bisnis yang Patut Dicoba

peluang bisnis umbi porang dan Peluang Besar Bisnis Ekspor Porang
Source via Flickr.com

Mungkin belum banyak orang yang mengenal tanaman ini, namun ternyata tanaman ini sudah cukup terkenal di bidang industri. Porang, merupakan tanaman sejenis umbi-umbian yang dapat tumbuh di wilayah dengan iklim tropis dan subtropis.

Karena belum banyak dikenal, di Indonesia sendiri tanaman ini banyak tumbuh secara liar, namun perlahan mulai banyak petani yang membudidayakannya setelah mengetahui tanaman ini memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai peluang bisnis.

Tanaman ini merupakan bahan baku untuk dibuat menjadi berbagai produk olahan seperti beras shirataki dan masih banyak lagi yang juga kaya akan manfaat.

Manfaat Umbi Porang

Tumbuhan porang memiliki banyak manfaat dilihat dari berbagai sisi, berikut penjelasannya.

Manfaat untuk kesehatan :

1. Kaya Akan Serat

Tanaman porang kaya akan serat yang sangat baik untuk tubuh, yaitu membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Selain itu jika dibuat menjadi olahan makanan, akan membuat Anda merasa lebih kenyang dari biasanya.

2. Mampu Mengontrol Gula Darah

Kandungan glukomanan yang ada di dalamnya dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Hal ini tentu sangat baik terutama bagi para penderita diabetes.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Tanaman satu ini juga mampu meningkatkan jumlah kolesterol yang dikeluarkan oleh tubuh sehingga kandungan kolesterol di dalam darah akan lebih sedikit.

Manfaat untuk Industri :

4. Bahan Dasar Lem

Umbi porang dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan lem yang lebih ramah lingkungan. Kandungan konjac yang ada di dalamnya mampu menghasilkan perekat yang bagus. Bau yang dihasilkan juga tidak menyengat, tidak seperti lem pada umumnya.

5. Campuran Industri

Tanaman ini juga dapat dijadikan sebagai bahan campuran untuk berbagai bidang industri seperti campuran dalam pembuatan kertas, cat, kain katun dan wol, pengkilap kain, dan masih banyak lagi.

6. Bahan Obat-obatan

Dalam industri obat-obatan, porang juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membentuk kapsul obat.

7. Dapat Dibuat Agar-agar

Kandungan serat yang ada di dalamnya dapat mudah larut di dalam air, tidak berbau dan konsistensinya yang menyerupai agar-agar. Itulah mengapa umbi porang ini dapat dijadikan sebagai bahan pembuat agar-agar yang tentunya sangat baik untuk tubuh.

8. Pembersih Air

Tanaman ini mampu membantu memurnikan air menjadi lebih bersih sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan air yang kotor.

10. Sebagai Isolator Listrik

Tanaman porang dalam bentuk gel dapat dijadikan sebagai pengganti gel silikon. Seperti yang diketahui, gel silikon sangat baik untuk mencegah penghantaran listrik dan panas. Sehingga dapat dijadikan alternatif yang sangat baik.

11. Bahan Baku Makanan Jepang

Tanaman porang yang dijadikan tepung, dapat menjadi bahan baku untuk campuran pembuatan mie shirataki atau konnyaku.

12. Pengental Es Krim

Kandungan konjac yang ada di dalamnya dapat dimanfaatkan sebagai pengental es krim agar tidak cepat meleleh.

13. Membuat Bahan Waterproof

Glukomanan yang dicampurkan dengan gliserin dan atau natrium hidroksida, dapat dijadikan sebagai bahan aktif yang mampu menahan air. Itulah mengapa tanaman ini sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan pembuat cat waterproof.

peluang bisnis umbi porang dan Peluang Besar Bisnis Ekspor Porang
Source via Flickr.com

Peluang Besar Bisnis Ekspor Porang

Melihat potensinya yang sangat bagus, kini pemerintah Indonesia juga membantu pengembangan tanaman porang menjadi komoditas unggulan. Bahkan pada kenyataannya, tanaman porang ini banyak diminati di berbagai negara seperti Vietnam, Thailand, China, hingga Eropa.

Tanaman ini digunakan sebagai campuran bahan dalam industri kosmetik, farmasi, kaca, tekstil, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa potensi bisnis tanaman yang satu ini sangat besar, hingga dapat menembus pasar internasional.

Faktanya, Indonesia baru mencukupi 35 persen kebutuhan ekspor porang, maka dari itu kesempatan untuk sukses di jenis usaha ini sangat terbuka lebar. Masih minimnya pemenuhan kebutuhan ekspor porang, salah satunya diakibatkan oleh masih minimnya suplai porang dari petani.

Untuk menyiasatinya, Anda dapat membuat perkebunan porang sendiri agar dapat memenuhi kebutuhan produksi dengan kualitas yang diinginkan.

Untuk membangun bisnis porang ini, kurang lebih Anda membutuhkan modal sekitar 200 hingga 300 juta rupiah untuk satu hektar lahan. Berikut rinciannya :

  • Biaya pengolahan sekitar 72 juta rupiah
  • Biaya pemupukan dan perawatan 35 juta rupiah
  • Bibit dan upah tanam sekitar 120 juta rupiah
  • Panen sekitar 28 juta rupiah
  • Biaya tenaga kerja sekitar 45 juta rupiah

Biaya di atas merupakan biaya yang dikeluarkan untuk sekitar dua musim (18 bulan).

Pakai Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan, Memulai Bisnis Porang Anda

Karena modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis porang ini cukup besar, Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan mengajukan pinjaman online bunga rendah bayar bulanan tanpa jaminandari DBS KTA. Simak beberapa keuntungannya di bawah ini :

Limit Pinjaman Hingga 300 Juta

Bisa mendapatkan limit pinjaman hingga 300 juta Rupiah.

Bunga Pinjaman Flat Mulai dari 0,88% Per Bulan

Bunga pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini flat mulai dari 0,88% per bulannya.

Cicilan Hingga 36 Bulan

Tenor pengembalian pinjaman hingga 36 bulan.

Persyaratan yang Mudah

Untuk mengajukan pinjaman di DBS KTA  ini, persyaratan yang perlu dipenuhi cukup mudah, yaitu :

  1. Berdomisili di Jabodetabek.
  2. Memiliki e-KTP dan NPWP.
  3. Memiliki penghasilan minimal 5 juta Rupiah.
  4. Memiliki kredit di bank lain dengan limit minimal 10 juta Rupiah.

Langkah pengajuannya mudah, akses laman berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page, kemudian isi form secara lengkap dan benar. Ciptakan pundi-pundi rupiah dari bisnis porang bersama  pinjaman modal usaha tanpa jaminan dari DBS KTA!