Daftar Menu Makanan Sehat untuk 1 Minggu yang Enak

Daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu ini dapat menjadi panduan dalam mengolah masakan harian. Masakan yang dibuat sendiri di rumah dapat lebih terkontrol dalam berbagai hal. Mulai dari bahan, cara memasak, kebersihannya, dan kansungan gizinya.

Mengonsumsi masakan yang bergizi setiap hari merupakan gaya hidup sehat yang dapat mendukung rutinitas sehari-hari. Anda dan keluarga pun tidak mudah sakit dan terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya.

Selain itu, dengan membuat daftar menu makanan secara teratur dapat membantu tersedianya makanan di rumah. Mulai dari sarapan, makan siang, dan malam lebih terjamin. Termasuk ketersediaan cemilan yang sehat. Pola makan anda dan keluarga pun lebih teratur.

Daftar Menu Makanan Sehat untuk 1 Minggu yang Dapat Menjadi Panduan Anda

Sebenarnya menyajikan masakan yang enak, sehat, dan praktis itu mudah. Selama anda memiliki waktu luang atau dapat meluangkan waktu untuk mengolahnya di rumah, menerapkan pola makan yang sehat untuk keluarga ternyata menyenangkan.

Cara yang paling efektif di antaranya dengan membuat daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu berikut ini. Menjadwalkan masakan mingguan dapat membantu penyajian masakan lebih hemat waktu, tenaga, masakan lebih sehat, dan pastinya praktis.

Contoh Daftar Menu Makanan Sehat untuk 1 Minggu dari Hari Senin Sampai Minggu

Berikut ini adalah contoh menu makanan keluarga untuk 1 minggu. Anda dapat memvariasikannya lagi di minggu berikutnya.

HariSarapan (06.00 – 08.00)Cemilan (09.00 – 11.00)Makan Siang (12.00 – 14.00)Cemilan (15.00 – 17.00)Makan Malam (18.00 – 20.00)
SeninRoti tawar dan selai cokelatBuah pisangNasi putih, tumis brokoli wortel, ayam bakar, dan sambal bawang.Pisang atau puding susuNasi putih, tumis brokoli wortel, ayam bakar, dan sambal bawang.
SelasaNasi putih dan telur ceplokPuding susuNasi putih, sup bakso sayuran, dan tahu goreng.Buah semangka potongNasi putih, sup bakso sayuran, dan tahu goreng.
RabuOatmeal dan susuBuah semangka potongNasi merah, tumis buncis bakso, ikan tenggiri panggang, sambal.Agar-agar  rasa buahNasi merah, tumis buncis bakso, ikan tenggiri panggang, sambal.
KamisRoti tawar dan selai cokelatAgar-agar rasa buahNasi putih, cah kangkung, ayam goreng, sambal hijau.Salad buahNasi putih, cah kangkung, ayam goreng, sambal hijau.
JumatRoti gandum dan telur rebusSalad buahNasi putih, sayur asem, dan ayam fillet.Puding lumutNasi putih, sayur asem, dan ayam fillet.
SabtuNasi putih dan telur dadarPuding lumutNasi merah, tongseng ayam, sambal.Buah pisang utuhNasi merah, tongseng ayam, sambal.
MingguRoti gandum dan telur rebusBuah pisang utuhNasi putih, tempe dan tahu goreng, cah tauge, dan sambal terasi.Salad buahNasi putih, tempe dan tahu goreng, cah tauge, dan sambal terasi.

Biasanya dalam keluarga, aktivitas memasak dilakukan di pagi hari atau siang hari. Namun, jika menu makanan habis, biasanya akan memasak lagi sesuai kebutuhan. Jadi, pada praktiknya menu makan siang biasanya sama dengan makan malam.

Anda dapat menghangatkan masakan saat akan menyantapnya jika ingin lebih lezat. Namu, sebagian orang juga ada yang tidak mempersoalkan menyantap masakan yang sudah dingin.

Tips Memasak Sehat dan Praktis untuk Satu Minggu

daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu
Source via Freepik.com

Membayangkan memasak selama satu minggu tentu cukup melelahkan. Namun, sebenarnya dengan membuat daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu akan memudahkan Anda. Alasannya karena lebih hemat waktu, tenaga, dan bisa jadi lebih hemat budget.

Supaya hal itu terwujud, ada beberapa tips memasak sehat dan praktis untuk satu minggu. Apa saja?

1. Menulis Daftar Menu

Anda dapat meluangkan waktu untuk menulis apa yang akan dimasak pada kertas, kemudian tempelkan di kulkas. Lakukan sehari sebelum belanja kebutuhan.

2. Tentukan Bahan Utama dan Bumbunya

Jangan lupa untuk membuat list belanja bahan masakan utama seperti lauk, sayur, dan bahan cemilannya. Menu masakan harus terdiri dari protein hewani, protein nabati, dan sayuran.

Mulai dari ikan, daging ayam, daging sapi, udang, tempe, tahu, bayam, brokoli, wortel, dan sayuran lainnya. Cemlannya pun harus sehat, terdiri dari buah-buahan, olahan agar-agar, puding, dan sebagainya. Kurangi makanan berlemak, kolesterol, gula, dan mulai konsumsi makanan tanpa MSG.

3. Belanja Seminggu Sekali

Ini tentu lebih menghemat waktu ketimbang anda belanja sayuran setiap hari. Beli kebutuhan bahan utama di atas misalnya pada hari minggu atau sabtu. Jangan lupa list bumbu dapur yang diperlukan.

Ini juga bisa memudahkan dalam mengatur pengeluaran untuk makan anggota keluarga. Berbeda dengan membeli bahan masakan setiap hari. Selain menambah waktu, tenaga, bisa juga membuat anda membeli bahan yang sebenarnya tidak diperlukan dan melebihi anggaran.

4. Stok Mie Instan yang Sehat

Mie instan adalah produk sembako yang tidak pernah absen dari list belanjaan keluarga. Meskipun ada daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu di atas, tapi setiap belanja pasti mie instan harus masuk daftar belanjaan.

Olahan mie instan biasanya diperlukan jika bosan dengan menu sehari-hari, saat masakan habis, atau sedang ingin merasakan variasi makanan berbeda.

Namun, supaya keluarga tetap mengonsumsi mie yang sehat, anda harus mengubah gaya hidup mulai sekarang.

Ubah Gaya Hidup Sehat dengan Mie Jiwa Pagi

daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu salah satunya dengan mengosumsi mie sehat tanpa MSG Jiwa Pagi

Selain menjalani gaya hidup sehat seperti minum air putih yang cukup, konsumsi buah dan sayur, dan mengolah masakan sendiri yang sehat di rumah, anda juga perlu memperhatikan produk mie instan yang biasanya anda beli.

Menurut P2PTM Kemenkes RI pola makan sehat harus menghindari berbagai bahan seperti saus, kecap, pemanis, pengawet, perasa sintetis, dan penyedap rasa. Jangan lupa juga membaca label produknya.

Salah satu gaya hidup sehat yang bisa anda mulai dari sekarang adalah dengan mengurangi asupan MSG. Salah satunya dengan memilih Mie tanpa MSG Jiwa Pagi.

Jiwa Pagi adalah Mie instan sehat dari Kobe yang memiliki cita rasa enak, bahannya terbuat dari sayuran, mengandung berbagai vitamin (A, B2, B9) zat besi, dan zinc. Mie Jiwa Pagi juga rendah lemak, karena pengolahannya tidak melalui proses penggorengan. Oleh sebab itu, mie instant tanpa MSG Jiwa Pagi juga cocok untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan diet.

Anda dapat membelinya dari Kobe Official Store di e-commerce berikut ini:

Demikian daftar menu makanan sehat untuk 1 minggu yang dapat menjadi panduan anda. Silahkan kreasikan menu masakan pada minggu selanjutnya. Selain bahan masakan, ubah mie instan yang biasanya anda dan keluarga konsumsi dengan yang sehat, yaitu Mie Jiwa Pagi dari Kobe.