Cara Investasi Saham Pemula yang Wajib Anda Pahami

cara investasi saham pemula
Ilustrasi Investasi Saham, by Pixels.com

Melakukan investasi bagi anak muda bukan hanya sebagai trend tapi karena memberikan keuntungan yang relatif tinggi dibanding memilih tabungan deposito atau lainnya. Salah satunya, Anda bisa memilih investasi saham bagi para pemula di bidang investasi. Untuk cara investasi saham pemula bisa dilakukan dengan langkah tepat. 

Investasi saham dipilih banyak orang terutama kalangan anak muda karena punya keuntungan. Namun  Anda perlu mengetahui seluk-beluk tentang saham belum benar-benar terjun ke dalamnya. 

5 Cara Investasi Saham Pemula

Bagaimana cara belajar investasi untuk pemula khususnya yang ingin memilih investasi di instrumen saham? Seperti berikut ini. 

1. Memiliki Jadwal Belajar Tersendiri

Cara investasi saham pemula maka Anda harus mengalokasikan waktu belajar khusus agar fokus. Bisa mulai mempelajari tentang dasar-dasar dari investasi saham, istilah-istilah yang sering digunakan agar tidak bingung dan juga melatih kemampuan untuk punya akun trading. 

Biasanya untuk latihan memakai akun trading Anda bisa mempelajarinya lewat situ simulasi perdagangan pada pasar saham. Atau untuk yang memang baru benar-benar terjun, Anda bisa terlebih dahulu untuk gabung ke komunitas yang banyak membahas seputar investasi saham. 

Untuk yang ingin belajar gratisan Anda juga bisa memanfaatkan channel YouTube yang membahas saham atau buku-buku karya para ahli saham terbaik di Indonesia maupun luar negeri. 

2. Mengerti Indeks Saham

Cara investasi saham pemula, berikutnya penting juga untuk memahami indeks saham. BEI atau bursa efek Indonesia punya 35 indeks saham yang harus dimengerti oleh para pemula sebagai investor saham. Memahami indeks saham maka akan membantu Anda untuk melihat kenaikan atau penurunan pada pasar investasi secara global. 

Untuk yang ingin main saham secara aman Bisa juga membeli saham yang dikeluarkan oleh BEI. Sebab BEI merupakan penyelenggara dan penyedia sistem sarana untuk Anda para penjual dan pembeli bursa efek. Lewat website resmi dari BEI Anda bisa lebih mudah mengetahui profil anggota bursa, partisipan dan juga di layar utama untuk mempertimbangkan dalam membeli saham.

3. Biaya Transaksi Kecil

Cara investasi saham pemula tentu sangat mudah, yaitu Anda tinggal membuka rekening efek dari perusahaan sekuritas. Setelah itu Anda akan punya rekening efek dan tinggal melakukan investasi dengan cara top up dana ke rekening tersebut. Setiap Anda melakukan transaksi saham, maka dikenakan biaya transaksi.

Usahakan untuk memilih perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi yang terbilang kecil. Umumnya perusahaan akan memungut biaya sebesar 0,19% untuk pembelian dan 0,29% untuk penjualan. Tetapi ada juga beberapa perusahaan sekuritas dengan biaya transaksi hanya 0, 15% untuk pembelian dan 0, 20% untuk penjualan. 

Biaya transaksi ini tentu saja akan mempengaruhi dari keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi saham. Dengan biaya transaksi  yang relatif kecil, maka Anda bisa mendapatkan return investasi yang terbilang cukup tinggi 

4. Alokasikan Dana Pada Beberapa Instrumen

Untuk pemula maka Anda harus paham bahwa tidak boleh mengalahkan seluruh modal investasi Anda pada satu instrumen saja. Anda bisa mengalokasikan dana pada beberapa jenis saham. Investasi saham terbaik adalah Blue Chip yang terbilang cukup stabil, maka Anda bisa memilih untuk memasukkan dana ke beberapa sektor berbeda. 

Kegiatan ini juga disebut sebagai diversifikasi, mana Anda sebagai investor mampu melindungi modal yang sudah dikeluarkan. Diversifikasi membantu Anda untuk tidak kehilangan semua dana. Karena jika saham yang satu turun, Anda masih punya cadangan beberapa saham lainnya. 

5. Memilih Investasi Jangka Panjang

Anda tentu sudah tahu bahwa investasi dengan saham maka punya resiko yang cukup tinggi. Namun resiko  bisa diminimalisir melakukan diversifikasi dan memilih investasi jangka panjang. 

Pemilihan investasi jangka panjang membantu Anda untuk mendapatkan resiko yang lebih rendah, tapi harus memilih perusahaan sekuritas yang tepat. Karena resikonya rendah, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. 

Itu tadi beberapa cara investasi saham pemula yang bisa Anda terapkan. Selain beberapa cara di atas, Anda juga harus memahami bahwa investasi juga berhubungan dengan komitmen. Karena dalam investasi saham tidak selalu soal pemahaman tentang investasi, tapi juga konsistensi Anda untuk menjalani investasi ini.